Header Ads

Seo Services

Batubara di kabupaten Lahat


Berdasarkan data dari Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Lahat, lokasi-lokasi yang memiliki cadangan batubara bernilai ekonomis tinggi (sebagian besar subbituminus – bituminus) adalah dalam wilayah Kecamatan Merapi (Barat, Timur dan Selatan) serta Kecamatan Lahat.
Dimana batubara pada daerah Merapi berada pada lokasi Muara Tiga Besar (MTB), sebagian Arahan (Utara dan Selatan), Kungkilan, Banjarsari, Bunian Sukamerindu, dan sebagian Air Serelo, seperti terlihat pada gambar :

                   Peta Lokasi Batubara di Arahan, MTB, Kungkilan dan Air Serelo 


Kondisi geologi daerah Kungkilan dan MTB termasuk dalam kategori sederhana, kondisi tanah relatif datar. Sedangkan daerah Air Serelo termasuk dalam kategori geologi moderat, dimana terdapat bukit-bukit andesit disekitar lokasi.

Blok Kungkilan
       Formasi yang berada di lokasi adalah Formasi Muara Enim Berumur Miosen Tengah. Dimana lapisan batubara yang berada di lokasi terdiri dari Lapisan (Seam) A2, B, C dan D. Main Seam (Seam Utama) yang berada di lokasi adalah Seam A2, B dan C. Ketebalan dari Seam tersebut berkisar : A2 = 9-12 m, B = 10-23 m, C = 5-9 m. Jumlah cadangan ketiga seam diperkirakan 30 – 40 juta ton. Posisi dari ketiga seam ini jika dilihat dari irisan penampang bumi seperti pada gambar berikut :
                                   Penampang Geologi Blok Kungkilan

Blok Muara Tiga Besar
       Blok ini bersebelahan dengan Blok Kungkilan, sehingga batubara juga cenderung sama. Namun pada lokasi penelitian ini, Seam B1 merupakan seam utama bersama dengan Seam A2. (seperti terlihat pada gambar peta dibawah ini). Ketebalan Seam B1 antara 10 – 16 m, dengan jumlah cadangan sekitar 8 juta ton.  

Blok Air Serelo
       Blok Air Serelo berada jauh dari kedua blok terdahulu. Di blok ini hanya terdapat satu seam utama yaitu Seam 1. Pada lokasi penelitian, Seam 1 memiliki ketebalan antara 10 – 15m, dengan jumlah cadangan 10 juta ton. Contoh penampang yang menggambarkan Seam 1 Blok Air Serelo dapat dilihat digambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.