Header Ads

Seo Services

BAGAIMANA MEMILIH PERALATAN TAMBANG


Indonesia menjadi salah satu lahan subur bisnis peralatan besar di kawasan Asia. Penggerak utamanya adalah eksploitasi sumber daya alam, terutama pertambangan batu bara dan agrikultur, juga infrastruktur.
Saat ini produsen-produsen alat besar terkemuka dari berbagai belahan dunia ramai-ramai menggarap pasar Indonesia. Selain brand-brand besar dari Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Korea Selatan yang sudah lama berada di sini, kini bermunculan pemainpemain baru dari daratan Cina, India, Turki, bahkan Rusia. Kondisi pasar seperti itu memberikan banyak opsi kepada pelanggan. Sekarang mereka punya banyak pilihan alat. Apalagi harganya bervariasi. Ada begitu banyak tipe dan model peralatan tambang yang tersedia di pasar, bergantung pada BAGAIMANA MEMILIH PERALATAN TAMBANG aplikasi untuk apa alat-alat itu digunakan. Umumnya pada tahap awal, apapun jenis tambang yang Anda garap – apakah underground mining, surface mining maupun open pit mining – semua memerlukan pemindahan sejumlah besar material tanah. Jenis-jenis peralatan yang digunakan untuk melakukan pekerjaan ini sama dengan yang digunakan dalam proyek-proyek besar, dalam bentuk dump atau haul truck, alat penggali (digger) atau shovel, backhoe dan crane.
Pemilahan material tambang seperti batu bara, bijih besi dan sebagainya membutuhkan beragam mesin tambang. Alat-alat seperti mesin crusher, bahan ledak, mesin separator dan peralatan-peralatan lain bekerja saling melengkapi kebutuhan peralatan tambang di lokasi kerja.
Namun, jangan lupa bahwa personal merupakan aspek fundamental dari operasi tambang. Dan, safety dari para pekerja di lapangan harus menjadi perhatian utama dalam setiap operasi. Sebab itu, pastikan orang-orang yang berada dalam tim Anda memenuhi standar keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan setiap jenis peralatan dan mereka sudah dilengkapi dengan peralatan kerja yang standar untuk operasi tambang.Ingat bahwa peralatan-peralatan tambang yang esensial harus juga memiliki pasokan-pasokan perlengkapan keselamatan seperti topi/helm, pelindung telinga, alat pernapasan dan sebagainya, guna mencegah kecelakaan, terutama ketika bekerja beroperasi dalam kondisikondisi yang membahayakan. Terkait dengan keselamatan kerja, Anda juga perlu memastikan ketersediaan rambu-rambu dan semuanya berfungsi dengan baik dan benar.
Banyak kriterial yang perlu dipertimbangkan dalam memilih peralatan yang tepat untuk suatu operasi tambang. Faktor-faktor yang terpenting untuk dipertimbangkan adalah safety, strength dan durability, di samping aspek biaya.
Alat-alat yang digunakan untuk mengeduk dan memindahkan material, seperti tanah, dapat dibeli langsung dari distributor/dealer khusus yang fokus pada loader, truck, drill dan scraper. Opsi lain yang banyak para kontraktor adalah menggunakan alat bekas adalah rental. Banyak produsen peralatan tambang spesialis dalam jenis peralatan tertentu. Ada yang khusus membuat alat penyaring bijih besi. Ada yang konsentrasi pada pembuatan air compressor, mesinmesin pembuat terowongan, tunnel boring machines, sementara yang lain membuat conveyor, crushing plant, hopper dan masih banyak lagi yanglain.
Pabrikan-pabrikan peralatan spesialis untuk tambang bawah tanah menawarkan serangkaian peralatan yang lengkap mulai dari pallet handles, tow tractors, belt drives, radial stackers dan power packs. Beberapa pabrikan memproduksi peralatan-peralatan untuk kesehatan dan safety. Ada yang spesialis dalam pembuatan alat pernapasan, proteksi pendengaran, detektor gas, helm, kaca mata debu, sementara yang lain menawarkan bermacam-macam lampu dan peralatan rambu yang biasa digunakan pada perusahaan tambang, juga peralatan rescue untuk tambang permukaan maupun underground mining.
Sebuah proyek tambang biasanya berskala besar dan kompleks. Diperlukan mobilisasi sejumlah besar peralatan dan personal. Untuk menjamin suatu proyek berjalan dengan efisien, aman dan dikerjakan sesuai rencana waktu yang sudah ditetapkan, pastikan pasokan peralatan dan perlengkapan kerja yang terus-menerus secara memadai.
Dewasa ini tersedia teknologi yang memberikan kemudahan kepada Anda untuk mempercepat servis dan memilih peralatan yang dibutuhkan. Internet sangat membantu Anda untuk membeli peralatan tambang dan perlengkapan kerja lainnya. Banyak pabrikan dan atau distributor/ dealer yang menyajikan spesifikasi-spesifikasi yang detail plus foto-foto dari produk yang mereka jual pada website.
Namun, sayangnya, kontraktorkontraktor kita di sini belum terbiasa memanfaatkan fasilitas Internet untuk bertransaksi. Mereka tidak lekas percaya kalau hanya melihat foto di website. Lagi pula, tidak banyak website milik produsen/ distributor yang berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagian besar informasi yang mereka sajikan sudah ketinggalan. Para kontraktor atau pembeli alat sudah terbiasa mendatangi langsung distributor/ dealer untuk melihat peralatan, melakukan uji coba mesin dan mengetes kelincahan maneuver sebelum memutuskan untuk membeli. Mereka juga perlu memastikan ketersediaan pelayanan purna jual yang baik, terutama masalah servis dan pasokan suku cadang.
Di Indonesia, alat berat biasanya dibeli dengan menggunakan jasa perusahaan leasing. Biasanya, untuk proyek proyek besar dan jangka panjang, banyak kontraktor memilih untuk membeli peralatan sendiri. Namun, sebaliknya, untuk pekerjaan pekerjaan skala kecil dan jangka pendek, kontraktor lebih cenderung menggunakan jasa rental. Banyak perusahaan rental yang menyediakan armada di depan lokasi-lokasi tambang. Mereka bisa mensuplai peralatan pada saat customer membutuhkannya. Tipe, model dan ukuran alat yang disewakan pun sangat beragam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.